8 Tanda Orang dengan IQ Tinggi, Apa Kamu Termasuk?

580

Jakarta, Lensawarga.com – Para peneliti menghabiskan waktu berabad-abad untuk mendiskusikan hal-hal apa saja yang bisa membuat orang menjadi anak jenius atau cerdas. Mulai dari genetik, hingga kebiasaan seseorang.

Ilustrasi Jenius

Banyak kepribadian atau kebiasaan yang seringkali tidak disadari ternyata menjadi tanda kejeniusan seseorang. Dikutip dari Independent, berikut tanda seseorang yang jenius.

Baca Juga : Nggak Harus Mahal, Ini 5 Tips Liburan Irit Bujet di Dubai

1. Suka Musik

Penelitian menunjukkan bermain alat musik dapat meningkatkan IQ juga kecerdasan kognitif. Sebuah riset menemukan bahwa anak yang mengikuti les musik cenderung memiliki kecerdasan verbal di atas rata-rata dibandingkan mereka yang tidak.

2. Anak Sulung

Sebuah penelitian pada 250.000 remaja di Norwegia yang berusia 18 dan 19 tahun menunjukkan anak sulung memiliki IQ 2,3 poin lebih tinggi dibandingkan saudara mereka yang lebih muda. Hal ini disebabkan anak sulung memiliki koneksi psikologis yang lebih kuat dari orangtua semasa kecil dibanding adik mereka.

3. Kamu Kidal

Loading...

Riset dari University of Athens memperlihatkan orang yang kidal atau cenderung menggunakan tangan kiri baik untuk menulis atau memegang sesuatu memiliki memori yang lebih tajam, dan mental yang stabil. Mereka punya kreativitas tinggi dan seringkali idenya ‘out of the box’.

4. Pribadi Yang Humoris

Penelitian menunjukkan komedian pria punya rata-rata IQ sebesar 138 dan komedian perempuan 126, sementara orang biasa hanya berkisar 90-110. Siapa sangka, rata-rata komedian memiliki IQ yang lebih tinggi lho. Wah, tertarik menjadi komedian?

5. Suka Begadang

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Madrid menemukan orang yang suka begadang memiliki IQ yang lebih tinggi. Selain itu mereka menjalani kehidupan yang lebih nyaman dan teratur daripada orang yang bangun tidur di pagi hari.

6. Pemalu

The Gifted Development Center mengungkap 60 persen anak yang cerdas cenderung memiliki kepribadian yang introvert. Selain itu, 75 persen orang dengan IQ 160 atau lebih adalah mereka yang pemalu.

7. Berantakan

Sebuah penelitian dalam Psychological Science oleh Dr Kathleen Vohs mengungkapkan bahwa bekerja di ruangan yang tidak rapi adalah bahan bakar kreativitas. Jadi kalau kamu tipenya berantakan, tingkat kreativitas dan inovasimu akan cenderung lebih tinggi daripada yang lain.

Baca Juga : Ini Tips Cara Ampuh Ajak Teman di Kencan Online Bertemu

8. Suka ‘Kepo’

Kepo atau punya rasa ingin tahu yang berlebihan adalah tanda kejeniusan. Sebab, rasa penasaran merupakan gerbang awal menuju ilmu pengetahuan. Penelitian dari Journal of Individual Differences menemukan orang dengan IQ lebih tinggi cenderung lebih penasaran dan terbuka terhadap gagasan baru.

Jangan Baca Sendiri, Ayo Bagikan :